Selamat Datang Di Blog Saya

Get this widget!
Wednesday, July 31, 2013

Negeriku tercinta

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba BLOG yang diselenggarakan BKKBN yang bertemakan “kependudukan di Indonesia “.
                Padat , Itulah ungkapan bagi penduduk Indonesia sekarang ini yang telah mencapai 237.556.363 orang . Macet sudah menjadi hal biasa bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan yang dipenuhi hiruk pikuk kantor-kantor dan gedung-gedung tinggi. Dan bayangkan Apabila terjadi ledakan penduduk untuk 10 tahun kedepannya , mungkin banyak pohon – pohon yang bertransformasi menjadi rumah dan gedung. Sehingga tidak ada suasana yang asri dan sejuk yang bisa kita dapatkan langsung dari alam.

  
          Pertambahan jumlah penduduk berpengaruh kepada wilayah pemukiman yang semaikn padat dan sempit sehingga menggusur banyaknya lahan yang berpotensial bisa menjadi lahan pertanian yang lebih bisa dimanfaatkan untuk perekonomian Negara. Selain itu  meningkatnya jumlah penduduk juga menimbulkan meningkatnya jumlah pengendara roda dua maupun roda empat, yang menimbulkan macet sana sini.

       


     Lalu apa upaya kita untuk mengurangi dampak ini ?

            Pemerintah sebelumnya telah mengemukakan selogan KB “ 2 anak lebih baik “  untuk mengurangi meningkatnya jumlah penduduk. Tapi apakah program ini sudah dijalankan oleh rakyat Indonesia itu sendiri ? bahkan sampai sekarang masih ada saja orang yang menggunakan peribahasa lama yaitu “ Banyak anak banyak rezeki “. Benar jika mereka bisa membekali anak anak nya dengan pendidikan yang cukup yang bisa menunjang kehidupan mereka kelak.
            Tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia juga menjadi alasan mengapa peningkatan jumlah penduduk harus sedikit diperlambat agar tidak menimbulkan peningkatan kedua masalah tersebut. Sehingga sedikit demi sedikit pemerintah harus mengurangi jumlah rakyat yang miskin dan juga yang tak punya pekerjaan. Tugas kita sebagai generasi berikutnya haruslah bisa berusaha membuatkan lapangan kerja bagi para pengangguran Amin.

            Program lain dari pemerintah melalui BKKBN adalah “jangan menikah di usia dini “ yang diiklankan di banyak stasiun tv atau bisa dilihat di link ini http://www.youtube.com/watch?v=qp-29VurjL0 . di sini dianjurkan untuk Pria menikah di usia 25 tahun dan wanita di umur 21 tahun. Tapi lagi-lagi sayangnya banyak yang tidak menjalankan program ini , banyaknya kasus Remaja  yang hamil di luar nikah yang dialami baik itu Anak SMA maupun yang masih duduk di bangku SMP membuat program pemerintah ini lagi-lagi tidak berjalan sesuai rencana.

                Solusi dari pendapat saya adalah lebih ditingkatkan lagi pendidikan tentang kependudukan di sekolah-sekolah maupun melalui sosialisasi yang bisa mengenalkan apa dan dampak dari kependudukan.

Demikian dari saya , mungkin kalau ada kesalahan kata dan kalimat saya mohon maaf  . 

0 comments:

Post a Comment

My Music

 
;